About

 2 comments

ABOUT

SENAPAN GAS

Senapan  angin adalah suatu jenis senjata tipe jarak jauh yang menggunakan prinsip kerja pneumatik yang menembakkan proyektil peluru dengan menggunakan tenaga tekanan udara atau sejenis gas tertentu yang dimampatkan. Senapan angin terbuat dari bahan logam berupa : besi(seamless), aluminium (dural), dll. Terdapat pegangan senapan yang terbuat dari bahan kayu yang disebut dengan popor. Senapan  biasanya digunakan untuk olahraga dan berburu binatang kecil seperti burung dan tupai,dll.  Ukuran peluru yang dipakai biasanya juga tidak terlalu besar yaitu ukuran kaliber .177 atau 4,5 mm dan 5,5 mm biasanya terbuat dari bahan timah, meskipun begitu senapan angin ini bisa membunuh manusia kalau prosedur pemakaiannya keliru atau disalahgunakan, oleh karena itu bagi anda para pengguna senapan hendaknya harus ekstra hati-hati baik dalam penyimpanan maupun penggunaannya.

 Senapan angin adalah sebuah alat yang wajib dimiliki oleh siapapun yang hobi menembak selain air softgun. Selain itu senapan angin juga lebih mudah dimiliki selain air softgun karena tidak memerlukan ijin kepemilikan dari pihak berwajib. Berbeda dengan air softgun, karena bentuknya yang menyerupai senjata api maka diharuskan memiliki ijin kepemilikan. Namun, tidak semua jenis senapan angin dapat dimiliki secara bebas. Hanya senapan angin berkaliber 4,5 mm saja yang tidak memerlukan ijin dari kepemilikannya. Jadi, jika anda ingin memiliki senapan angin 5,5mm maka anda harus memiliki ijin dari pihak berwajib.

Senapan angin yang telah beredar di pasaran baik hasil kerajinan tangan maupun buatan pabrik sampai saat ini ada beberapa jenis, diantaranya :

  • Senapan tipe Spring/ per/ pegas

Senapan angin Spring / Pegas / Per cukup baik bagi anda yang kurang nyaman dengan senapan angin pompa, dengan senapan angin jenis spring anda cukup mengokang, mengisi pelurus dan menembak. Sehingga untuk dapat menembak prosesnya lebih cepat. Namun, senapan spring sendiri akurasi maksimalnya umumnya hanya berkisar pada jarak hingga 30 meter. Cara yang umum untuk meningkatkan jarak akurasinya adalah dengan mengganti per-nya dengan yang lebih panjang dan kuat.

Senapan angin yang memakai per untuk memompa udara kemudian mendorong proyektil peluru. Untuk yang bertipe per, senapan angin dibagi dalam:
•   tipe under lever
•   side lever, dan
•   patah laras
Pembagian tipe tersebut berdasarkan cara per/pegas ditekan sehingga senapan dalam keadaan terkokang untuk siap pada posisi tembak.

  • Senapan tipe pompa

Senapan angin yang memakai pompa (pump action) untuk memampatkan udara lalu dilepas untuk melontarkan proyektil. Sedangkan untuk tipe pompa ada dua tipe cara pelepasan angin, yaitu        :
•  Knock open valve
•  Dumping system
Pada sistem Knock Open Valve digunakan pemukul/hammer seperti senjata api biasa pada bagian dalam dan untuk yang eksternal digunakan pelatuk yang mirip dengn pistol colt.

Untuk Dumping system menggunakan klep yg dapat terbuka penuh pada saat pelatuk terpicu. Contoh senapan angin yg menggunakan Knock open valve yaitu Benyamin Sheridan,Titan, Falcon, Kalong, Kuda (dua terakhir lokal) dan untuk Dumping system yaitu Sharp Dragon, Innova, Ace, Shapto(lokal). Biasanya pada industri senapan angin di beberapa negara menyamakan peraturannya mirip dengan senjata api. dan untuk mencegah senapan angin yang diproduksi secara rumahan/home industri diselewengkan pemerintah beberapa negara membatasi panjang laras terpendek yaitu minimal 45 cm/18″ dari ruang proyektil untuk     senjata api dan 12″      untuk  senapan       angin

 

  • Senapan Gas

Senapan angin yang memakai tenaga gas dalam tabung yang termampatkan gas sudah dipompa terlebih dahulu sebelum senapan akan digunakan, diantaranya     :

  1. Menggunakan tabung Gas CO2 kecil yang mana proyektil atau pelet di      dorong menggunakan tekanan gas CO2 dari dalam tabung, tekanan yang dihasilkan tidak terlalu besar, biasanya dipergunakan pada senapan angin dengan jarak tembak pendek +/- 20m. Pellet/peluru yg digunakan biasanya tipe diabolo.
  2. Menggunakan udara tekan biasa disebut PCP (Pre Charge Peneumatic) memiliki tekanan yang besar antara 2.000 – 3.000 psi, dapat melontarkan proyektil atau pellet sampai kecepatan > 1.000 fps biasa digunakan pada small or medium hunting. bisa menggunakan tipe pellets/peluru semua jenis termasuk tipe pile driver yg membutuhkan tekanan angin tinggi di atas 1500 psi untuk menghasilkan daya lontar      pellet/peluru yg lebih optimum.

      Sesuai namanya Pre-Charged Pneumatic, senapan angin ini menggunakan energi yang bersumber dari udara (gas yang kita hirup sehari-hari yang terdiri dari berbagai macam gas bukan O2 murni) yang sudah dimampatkan terlebih dahulu ke dalam tabung yang biasanya sudah terintegrasi dengan senapan dan ditujukan agar bisa digunakan untuk beberapa kali penembakan. Berbeda dengan jenis pompa yang harus dipompa untuk setiap tembakan yang memerlukan waktu dan tenaga ekstra, Karena ditujukan untuk beberapa kali penembakan maka udara dikompresikan pada tekanan yang tinggi, umumnya bertekanan antara 1000 – 3000 psi.

Proses pengisian anginnya dapat dilakukan dengan,

  1. pemompaan menggunakan tangan menggunakan pompa terpisah
  2. pemompaan menggunakan tangan dengan pompa terintegrasi, contohnya senapan angin gejluk
  3. pemompaan dengan menggunakan kompresor
  4. pemompaan menggunakan tabung

Kelebihan:

Kemampuan beberapa kali menembak dalam satu kali pengisian udara.

  • PCP adalah senapan angin yang mampu menghasilkan energi paling kuat diantara jenis lainnya, sehingga banyak digunakan untuk proyektil kaliber besar
  • Untuk PCP yang dibuat sesuai standar keamanan terutama bagian tabung dan katup nya, akan cukup aman disimpan lama dalam kondisi tabung terisi penuh dalam waktu lama dan suhu terjaga tanpa kehilangan tekanan dan siap digunakan kapan saja (tanpa terkokang dan berpeluru tentunya).

Kekurangan:

Pengisian sumber energi tidak semudah jenis lain, jika diisi secara manual akan cukup menguras tenaga sebab diperlukan ratusan kali pompaan agar tabung terisi penuh, atau jika anda mengisi menggunakan kompresor atau tabung, anda akan direpotkan dengan membawa peralatan tersebut. Namun, cukup selaras dengan kemampuannya yang baik dan bahkan harus bolak balik ke tempat isi ulang yang belum tentu terdapat di setiap kota sehingga jika ingin membeli PCP harus dipikirkan juga strategi isi ulangnya.

  • Senapan Gejluk

Apa itu Senapan Angin gejluk mungkin terdengar asing bagi sebagian orang. Saya akan memberikan ulasan singkat tentang senapan angin gejluk. Mengapa di namakan gejluk? Gejluk sendiri adalah bahasa jawa yang artinya adalah hentak dalam bahasa Indonesia. Senapan Angin Gejluk adalah senapan angin yang memanfaatkan tekanan angin untuk melontarkan peluru. Senapan angin gejluk menggunakan sistem di pompa dengan cara di gejlukkan atau di hentakkan ke tanah pada bagian piston pompa senapan. Sampai di sini sudah ada sedikit gambaran tentunya tentang apa itu senapan angin gejluk.

Cara penggunaan Senapan Angin Gejluk

Senapan Angin Gejluk dipompa terlebih dahulu, udara akan disimpan di dalam tabung. Untuk ukuran tabung relatif, pada umumnya 25 mm. Panjang laras pada umumnya adalah 60cm (relatif). Senapan angin gejluk ini cocok untuk berburu binatang besar seperti kelinci, luwak, biawak, dan lain lain. Setiap sekali pompa atau mengisi angin, senapan gejluk dapat digunakan untuk menembak kurang lebih sebanyak 15 sampai 30 kali tembakan. Ini juga tergantung dengan besarnya ukuran tabung dan juga setelan power senapan.

Senapan angin gejluk ada dua, yaitu senapan angin gejluk pompa kaki dan senapan angin gejluk pompa tangan. Yang membedakan di antara keduanya adalah sistem memompa anginnya. Senapan Angin Gejluk identik dengan produk rumahan atau home industri jadi mudah didapat. Bagi anda pecinta senapan angin bisa membeli pada kami.

PELURU (PELLET/MIMIS) SENAPAN ANGIN
Peluru yang dibuat saat ini dibuat umumnya memiliki bentuk dengan bagian tengah atau pinggang yang mengecil dan membesar lagi pada bagian belakang atau disebut wasp waist, hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kestabilan (mencegah pellet meluncur terbalik atau tumbling) dengan memberikan hambatan angin yang lebih besar pada bagian belakang ditambah lagi dengan lubang dibagian belakang akan semakin menambah hambatan yang timbul, disertai dengan berat pellet dibagian depan akan menjaga pellet pada arah yang tepat.

Peluru senapan angin ini terbuat dari timah dan memiliki beberapa jenis yang dapat dibedakan dari bentuk kepala peluru/pellet/mimis. Adapun jenis-jenis yang beredar sekarang adalah:

  • Kepala rata (flat point) yang biasanya difungsikan untuk perlombaan menembak dimana sasaran yang ditembak adalah bahan kertas. Jenis ini menghasilkan lubang tembakan yang rata sehingga memudahkan dalam penilaian
  • Kepala bulat (dome point) yang difungsikan untuk kegitan berburu dimana peluru jenis ini memiliki akurasi yang baik dan hasil perkenaan yang mematikan
  • Kepala lancip/tajam (sharp point) yang difungsikan untuk menembus sasaran yang relatif keras seperti tulang, selain itu jenis peluru ini lebih akurat karena bentuknya yang lancip dapat membelah arah angin yang berlawanan
  • kepala ganda dan kepala berlubang (hollow point) yang difungsikan untuk menimbulkan efek luka bukaan yang lebih besar dari diameter pellet/peluru.

TABUNG SCUBA

Tabung scuba merupakan tabung untuk menyimpan angin, yang memiliki berbagai macam ukuran. Tabung ini sekarang banyak dibeli oleh pemilik senapan PCP untuk mengisi angin pada senapannya. Selain dari tabung ini ada juga model pompa semacam pompa ban sepeda. Harga dari tabung ini bervariasi tergantung besarnya menyimpan angin

  • kondisi second hands
  • volume 80 kubik
  • tekanan 3000 psi
  • lengkap dengan regulatornya
  • tabung dari bahan alumunium

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

          

  Gambar tabung scuba 3000 psi                Gambar tabung scuba hand pump

 

MANOMETER

Manometer/indikator tekanan udara ini mempunyai bentuk/ukuran diameter hanya 25mm/2.5cm namun mempunyai kemampuan mengukur tekanan udara hingga 3000 psi. dirancang khusus untuk senapan angin PCP( Precharged Pneumatic) dilengkapi dengan indikator warna (color indicator) yang akan memudahkan anda untuk melihat tekanan udara pada tabung senapan dan memprediksikan power yang tersisa, jarak tembak efektif/ jangkauan tembak. Pantas dimiliki oleh para gunners yang akan berburu

 TELESCOPE/RIFLESCOPE

 Senapan angin saat ini dirasa kurang lengkap apabila belum dilengkapi dengan alat bantu bidik yaitu riflleskop, alat ini memberikan anda pandangan yang lebih jelas dan terang dalam setiap kegiatan berburu anda dengan fokus yang cepat dan sudut pandang yang luas berkat reticle merah dan hijau yang dapat membantu anda membidik sasaran secara presisi, efektif dan akurat . Riflescope ini tahan goncangan, tahan kabut dan tahan air. namun kita harus jeli memilih jenis dan ukuran dan yang terpenting mungkin budget kita sendiri. Adapun untuk ukuran teleskop pada umumnya yang ada di pasaran indonesia antara lain ukuran 20mm, 32mm, 40mm, 42mm, 44mm dan 50mm.

Selain itu ada juga pembesaran dan tentunya merk, berikut daftar merk senapan  yang ada di beberapa toko:

1. Bushnell                           9. Leupold
2. Rifles Scope                     10. Rambo
3. Tasco                                 11. Norconia
4. Gamo                                 12. Benjamin
5. BSA                                    13. Reddot
6. Visionking                       14. Vizion
7. Niko Sterling                  15. Zos
8. Hakko                                16. Mueller

Diantara merk tersebut biasanya memiliki seri dan ukuran yang berbeda-beda, berikut beberapa ukuran pembesaran dan lensa scope yang ada:

  • 4x20mm                                3-7x28mm
  • 4x28mm                                3-9x32mm
  • 4x32mm                                3-9x40mm
  • 6x32mm                                3-9x42mm
  • 2-6x32mm                             3-9x44mm
  • 2-7x32mm                             3-9x50mm
  • 2.5-10x40mm                       3-12x44mm
  • 3-7x20mm                             3.5-10x50mm
  • 4-16x44mm                           4-16x40mm
  • 6-24x44mm

Nah itulah beberapa ukuran dan jenis dari skope yang ada dipasaran, dan tentunya itu semua tergantung kebutuhan kita untuk membelinya. Diantara beberapa merk ada yang sudah anti getar dan tidak ada juga yang dibantu dengan modus malam dan laser, dan beberapa kali pembesaran

2 comments to About

  • doel says:

    paket dah sy terima……mantabbbbb gan…..!, canggih gaan…siiip…

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>